Algoritma A* (A Star): Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaannya

Antagoritma A*(A Star): Pengertian,Cara Kerja,dan Kegunaannya 

Algoritma pencarian merupakan algoritma yang dirancang untuk mencari atau mengambil elemen dari struktur data, tempat data tersebut disimpan.


Aspek vital dari algoritma pencarian adalah path finding, yang digunakan untuk menemukan jalur yang dapat diambil untuk melintasi dari satu titik ke titik lainnya, dengan mencari rute yang paling optimal.


Salah satu algoritma pencarian yang digunakan sebagai path finding adalah algoritma A* atau A Star.


Algoritma A* (A Star): Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaannya

Di artikel ini kita akan menjelaskan lebih detail mengenai pengertian, cara kerja, dan kegunaan algoritma A star.

menjelaskan lebih detail mengenai pengertian, cara kerja, dan kegunaan algoritma A star.


Yul, kita bahas bersama!



Daftar Isi

Pengertian Algoritma A* (A star)

Algoritma A* (A Star) adalah algoritma pencarian yang digunakan untuk menemukan jalur terpendek antara titik awal dan akhir.


Algoritma ini sering digunakan untuk penjelajahan peta guna menemukan jalur terpendek yang akan diambil.

penggantinya.

Lewati penerusnya jika ada simpul dalam CLOSE LIST dengan posisi yang sama dengan penerusnya tetapi nilai f lebih rendah; jika tidak, tambahkan simpul ke ujung OPEN LIST (untuk loop).

Push Q ke dalam CLOSE LIST dan akhiri loop sementara.

Kegunaan Algoritma A*

Algoritma A* menemukan jalur terpendek antara dua node dalam sebuah graph. Algoritma ini mirip dengan algoritma Dijkstra, tetapi lebih canggih karena mempertimbangkan biaya setiap sisi (edge) dalam graph. Biaya tepi (edge cost) biasanya ditentukan oleh panjangnya atau ukuran jarak lainnya, seperti waktu atau uang.


Berikut ini adalah beberapa aplikasi dan kegunaan dari algoritma A*:


Algoritma A* biasanya digunakan dalam peta dan game berbasis web untuk menemukan jalur terpendek dengan efisiensi setinggi mungkin.

A* digunakan di banyak aplikasi kecerdasan buatan, seperti mesin pencari.

Digunakan dalam algoritma lain seperti algoritma Bellman-Ford untuk menyelesaikan masalah jalur terpendek.

Algoritme A* digunakan dalam protokol routing jaringan, seperti RIP, OSPF, dan BGP, untuk menghitung rute terbaik antara dua node.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Struktur Data dan Kegunaannya dalam Pemrograman

Permainan yang Disediakan di Blockly Games, Informatika Kelas 8 SMP

Menu-Menu pada Pemrograman Scratch dan Fungsinya